Skip to content
Home » Blog Archive » 7 Faktor Kepuasan Pelanggan yang Patut Anda Perhatikan

7 Faktor Kepuasan Pelanggan yang Patut Anda Perhatikan

Sebagai produsen, memenuhi kepuasan pelanggan adalah hal yang utama. Bagaimana caranya?

Jangan terburu-buru. Pepatah mengatakan, “Pelanggan adalah raja.” Sebagai raja sudah sepatutnya pelanggan mendapatkan pelayanan yang terbaik. Namun yang namanya kepuasan terhadap pelayanan tentu tidak dapat diukur dengan mudah, semudah mengukur jarak atau waktu.

Meskipun begitu, kepuasan pelanggan tetap ada indikatornya kok. Berikut 7 faktor kepuasan pelanggan yang bisa menjadi acuan bisnis kita.

Kualitas dari Produk

Faktor kepuasan pelanggan yang pertama  bisa diukur dari kualitas produk yang kita tawarkan. Semakin bagus kualitasnya maka tingkat kepuasan pelanggan juga akan semakin tinggi. Hal ini dikarenakan produk yang baik akan mendapatkan kepercayaan pelanggan terhadap Anda.

Pelayanan yang Ramah

Selain dari kualitas produk, pelanan yang ramah juga merupakan salah satu indikator dari faktor kepuasan pelanggan. Beberapa pelanggan bahkan merasa kurang peduli terhadap harga atau lokasi selama pelayanan yang diberikan baik dan ramah.

Harga

Ada 2 tipe pelanggan di dunia ini, pertama adalah mereka yang sangat pedulit terhadap pelayanan dan kualitas. Tipe pelanggan yang seperti ini kurang peduli terhadap harga dan percaya bahwa barang bagus memiliki harga yang selangit.

Kedua adalah tipe pelanggan yang memburu barang murah. Tipe pelanggan ini berbanding terbalik dengan yang sebelumnya, bagi mereka selalu ada barang bagus dengan harga murah selama kita sabar mencarinya. Maka dari itu menentukan harga produk yang sesuai dengan target pasar merupakan salah satu strategi untuk memberikan kepuasaan kepada pelanggan.

Kemudahan Transaksi

Bayangkan jika pelanggan Anda ingin membayar dengan kartu tertentu namun toko Anda tidak memiliki fiturnya? Tentu pelanggan akan berpikir dua kali untuk kembali ke toko Anda meskipun Anda memiliki produk dengan kualitas terbaik dan harga yang murah.

Ya, kemudahan dalam bertransaksi tidak bisa dipandang sebelah mata. Meskipun bukan faktor utama, nyatanya hal ini menjadi faktor kepuasan pelanggan. Maka jangan heran kalau saat ini hampir seluruh toko memberikan banyak solusi untuk pembayaran dan diskon menarik.

Review Pelanggan Lain

Saat ini ada berapa banyak situs yang menyediakan review terhadap berbagai produk. Hal ini didasari oleh tingginya rasa penasaran dan kepercayaan orang terhadap orang lain.

Beberapa pelanggan meyakini dibanding mereka harus coba-coba untuk mengonsumsi produk atau datang ke tempat tertentu, mereka biasanya akan mencari hasil review orang lain apakah tempat atau produk yang dituju layak untuk mereka. Oleh karena itu, menjaga kualitas produk dan hubungan dengan pelanggan memegang peranan penting dalam siklus jual-beli.

Pengalaman Diri Sendiri

Tidak hanya berdasarkan pengalaman atau review dari orang lain, pengalaman diri sendiri juga dapat menjadi acuan dari kepuasan.

Orang bijak mengatakan, “10 kali pelayanan terbaik belum tentu dapat membuat pelanggan kembali ke toko kita, namun 1 kesalahan kecil dapat memebuat mereka memberikan rating yang buruk dan menyampaikannya kepada orang lain.”

Hal ini menunjukkan bahwa sebagai produsen kita memang harus super hati-hati karena pelanggan lebih mudah menceritakan pengalaman buruk mereka dibanding memberikan rekomendasi terhadap pelayanan terbaik yang mereka dapatkan.

Iklan

Bagaimana pun, iklan merupakan sumber booster untuk menjangkau lebih banyak pelanggan. Untuk itu, Anda haruslah membuat iklan yang jelas dan memengaruhi ekspekstasi pelanggan agar mereka percaya dan yakin dengan penawaran Anda. Tentunya hal ini juga harus disesuaikan dengan fakta produk dan pelayanan sesungguhnya agar pelanggan tidak kecewa.

Itulah 7 faktor kepuasan pelanggan yang bisa Anda coba untuk memberikan feedback yang positif terhadap usaha Anda. Silakan dicoba!