Skip to content
Home » Blog Archive » Bagaimana Cara Melakukan Accident Investigation? Ikuti 6 Langkah Berikut!

Bagaimana Cara Melakukan Accident Investigation? Ikuti 6 Langkah Berikut!

Kecelakaan dapat terjadi kapan saja dan di mana saja. Penyebabnya pun bisa dari hal-hal yang sederhana sampai yang sangat membahayakan. 

Di beberapa perusahaan, kecelakaan atau accident seringkali ditindak lanjuti dengan adanya investigasi yang bertujuan untuk merunut penyebab dan mencari solusi agar kejadian serupa tidak terjadi. Dilansir dari Risktec, berikut 6 cara melakukan investigasi kecelakaan agar lebih efektif.

Aksi yang Segera

Dalam sebuah kejadian atau lebih tepatnya kecelakaan kerja, langkah yang cepat patut diambil untuk menyelamatkan informasi pendukung dalam melakukan investigasi. Hal ini termasuk dalam melakukan clear area dan pemantauan CCTV serta sampel-sampel pendukung.

Membuat Rencana Investigasi

Buatlah rencana investigasi yang sistematis dan juga lengkap. Apa saja yang dibutuhkan? Siapa saja yang perlu terlibat? Dan sejauh mana investigasi akan berlangsung?

Dengan adanya susunan yang sistematis dan juga lengkap atau mendetail, akan lebih mudah bagi perusahaan untuk melakukan investigasi.

Pegumpulan Data

Lakukan pengumpulan data dari berbagai sumber, baik itu saksi, korban, dan juga segala equipment serta dokumen yang mendukung.

Analisis Data

Data yang telah terkumpul selanjutnya dianalisis secara bertahap sehingga dapat dimengerti dan diidentifikasi penyebab terjadinya kecelakaan kerja.

Cari tahu penyebabnya secara mendalam. Sebab kecelakaan tidak mungkin terjadi begitu saja, entah karena alat atau human error keduanya sama terkaitnya.

Lakukan Langkah Korektif

Investigasi kecelakaan kerja dilakukan bukan hanya untuk mengetahui penyebab dari kecelakaan namun juga untuk mengambil langkah korektif atau perbaikan sehingga kecelakaan kerja serupa tidak akan terjadi.

Anda dapat mengambil langkah korektif tentunya setelah Anda mengetahui penyebab dan bagaimana membuka peluang baru sebagai bentuk solusi.

Membuat Laporan

Setelah investigasi selesai dilakukan maka yang tidak kalah penting adalah dengan membuat laporan investigasi kecelakaan kerja. Apa gunanya? Sebagai dokumentasi dan pedoman sehingga apabila kecelakaan serupa terjadi atau setelah bertahun-tahun, jejak kejadiannya masih bisa ditelusuri atau dilakukan inovasi untuk menangani masalah.

Untuk mengetahui cara melakukan investigasi mendalam saat terjadi kecelakaan kerja, Anda dapat mengikuti Training Accident Investigation bersama GoSafe Academy dengan klik di sini.