Skip to content
Home » Blog Archive » Merasa Sibuk? Berikut 7 Cara Mengatur Waktu Agar Selalu Prodiktif

Merasa Sibuk? Berikut 7 Cara Mengatur Waktu Agar Selalu Prodiktif

Usia produktif adalah masa-masa tersibuk dalam fase kehidupan seseorang. Biasanya hal ini ditandai dengan masuknya awal 20 tahunan.

Di fase seperti ini banyak orang yang mulai aware tearhadap masa depan dan membangun karier. Namun meskipun sibuk membangun karier, personal life juga merupakan faktor yang tidak bisa diabaikan.

Lalu bagaimana caranya mengatur waktu untuk itu semua? Bisakah seseorang tetap produktif sepanjang waktu? Dilansir dari Lifehack, berikut 7 cara mengatur waktu agar tetap produktif ditengah kesibukan.

Review Pengoptimalan Waktu

Cara mengatur waktu agar produktif adalah dengan melakukan review terhadap apa yang telah Anda lakukan. Mengetahui apa yang telah Anda lakukan merupakan tindakan produktif atau hanya membuang-buang waktu. Dengan melakukan review Anda bisa menilai dan mengoptimalkan waktu dengan lebih baik lagi.

Bagaimana caranya melakukan review pengoptimalan waktu:

  1. Siapkan kertas kosong
  2. Sematkan tanggal atau periode di atas kertas
  3. Buat 3 kolom tabel dalam kertas
  4. Kolom pertama isi dengan nilai pekerjaan yang tinggi dengan indikator hasil yang besar.
  5. Kolom kedua dengan pekerjaan yang bernilai sedang dengan indikator pekerjaan yang Anda senangi sehingga merupakan kegiatan yang repetitif.
  6. Dan kolom ketiga dengan nilai pekerjaan yang rendah atau berindikatorkan pekerjaan yang menyita banyak energi dan membuat Anda terkadang frustasi.

Atur Time Goals

Tanpa vision atau goals yang jelas, lambat laun fokus dan target Anda akan menjadi molor. Hal ini bukan pertanda baik bagi Anda yang ingin menjadi produktif dan mengoptimalkan setiap waktu yang Anda miliki.

Ada baiknya ada membuat time goals sebagai target apa yang ingin Anda capai dan kapan Anda aka mencapainya.

Memulai Prioritas

Setelah Anda tahu apa yang harus Anda lakukan dan kapan target Anda harus tercapai, maka cara mengatur waktu selanjutnya adalah dengan membuat prioritas.

Skala prioritas membantu Anda untuk menentukan nilai dari sebuah pekerjaan, mana yang tanggung jawabnya lebih besar, mana yang harus selesai lebih dulu, dan mana yang paling sulit tingkat pengerjaannya. Dengan begini Anda akan lebih fokus dalam bekerja dan membantu Anda untuk tetap produktif dalam mengatur waktu yang Anda miliki.

Lakukan yang Paling Penting 

Diantara semua prioritas yang Anda buat, bagaimana cara menentukan mana yang harus dikerjakan lebih dulu? Kadang dilematis seperti ini tidak bisa dihindari misalnya ketika Anda menemukan ada sebuah pekerjaan yang berdampak pada banyak orang bersamaan dengan pekerjaan yang memiliki tingkat kesulitan tinggi sehingga waktu pengerjaannya sangat padat. Jika dihadapkan dengan dua pilihan sulit ini, mana yang Anda kerjakan lebih dulu?

Jawabannya adalah kerjakan yang paling penting. Hitunglah mana yang berdampak paling besar bagi karier Anda dan tim Anda secara keseluruhan. Iya, kerja tim sangat penting terutama bagi project yang memiliki ritme kerja seperti estafet.

Buat Rencana di Pagi Hari dan Rutinitas Sore

Bagi sebagian orang, pagi adalah penentu aktivitas seharian. Maka dari itu sangat penting untuk merencanakan pagi yang produktif serta terarah.

Jika memungkinkan, Anda dapat membuat 60-90 menit pencapaian kecil setiap pagi. Hal ini memotivasi Anda dengan stimulus-stimulus perasaan puas atau sukses sehingga Anda terpacu untuk mencapai goal yang lebih besar.

Dan setelahnya setiap sore sebelum mengakhiri aktivitas, Anda bisa mengambil 15 menit untuk merefleksikan apa yang telah Anda kerjakan.Tuliskan 3 hal yang telah Anda capai hari ini dan 5 rancangan goals yang akan Anda capai esok hari.

Bekerja dalam Time Blocks

Jika Anda serius untuk mengoptimalkan waktu yang Anda miliki, maka cobalah untuk tidak bekerja multi-task. Sebagai gantinya, bekerjalah secara fokus pada project yang sedang dikerjakan.

Sebab terkadang bekerja multi-task justru malah membuat Anda bingung dan tergesa-gesa untuk menyelesaikan semuanya secara bersamaan. Dengan bekerja secara urutan namun fokus akan membuat pekerjaan selesai lebih cepat dan dengan akurat.

Jangan Lupa Istirahat

Seringkali untuk menyelesaikan seluruh pekerjaan, seseorang membabat habis waktu yang mereka miliki. Sejatinya hal tersebut tidaklah efektif. Ketika Anda merasa lelah atau mengantuk, ada baiknya untuk mengambil waktu istirahat sejenak. Sebab jikalau Anda paksakan pun sebenarnya Anda hanya akan membuang-buang waktu, sebab apa yang Anda lakukan menjadi tidak produktif.

Silakan saja Anda coba dan bandingkan hasilnya! Mengambil waktu sejenak untuk beristirahat akan membuat pikiran Anda kembali fokus dan justru mempercepat Anda dalam menyelesaikan pekerjaan.

Itulah 7 cara mengatur waktu agar tetap produktif. Bagaimana dengan Anda? Apakah Anda sudah menemukan cara yang lebih efektif? Silakan share di kolom komentar!