Skip to content
Home » Blog Archive » Panduan New Normal di Transportasi Umum

Panduan New Normal di Transportasi Umum

Pada artikel sebelumnya, kita telah membahas panduan new normal saat pergi ke luar rumah, salah satunya adalah dengan menghindari penggunaan angkutan umum.

Namun sayangnya tidak semua orang dapat melakukan ini, banyak diantaranya yang terpaksa menggunakan angkutan umum sebagai moda transportasi dalam melakukan mobilitas.

Akan tetapi, tidak perlu khawatir karena sudah ada panduan new normal yang bisa dilakukan saat menggunakan transportasi umum. Apa saja?

1. Jaga jarak aman dengan orang lain minimal 1 meter, di beberapa transportasi umum seperti MRT, sudah disediakan stiker untuk mempermudah physical distancing.

2. Usahakan untuk tidak menyentuh fasilitas umum, Anda dapat menggunakan sarung tangan atau mencuci tangan dengan hand sanitizer selepas turun dari kendaraan.

3. Gunakan uang elektronik atau non-tunai pada setiap pembayaran, namun apabila terpaksa menggunakan uang cash, maka jangan lupa untuk mencuci tangan dengan hand sanitizer sesudahnya.

4. Tidak mengucek mata, menyentuh wajah, atau hidung dengan tangan. Jika terpaksa, gunakan tisu bersih atau bersihkan tangan Anda terlebih dahulu.

5. Jika Anda menggunakan ojek sebagai moda transportasi, sangat dianjurkan untuk membawa helm sendiri atau dapat diganti dengan hair cap yang melindungi kepala Anda sebelum menggunakan helm orang lain.

Ikuti petunjuknya dan selalu upayakan untuk hidup bersih dapat membantu kita tetap aman selama diperjalanan menggunakan transportasi umum. Penasaran enggak sih apa saja yang harus kita persiapkan di dalam tas kita saat keluar rumah? Baca artikelnya di sini: New Normal Starter Pack: 10 Benda yang Tidak Boleh Ketinggalan Dibawa