Skip to content
Home » Blog Archive » Ingin Menyerah? Mungkin 7 Hal Ini Penyebabnya

Ingin Menyerah? Mungkin 7 Hal Ini Penyebabnya

Seberapa semangat Anda hari ini? 

Seringkali kita merasa jenuh dengan rutinitas dan merasa setiap hari sama dengan hari sebelumnya. Melakukan semua pekerjaan seperti seharusnya tanpa mendapatkan kepuasan apa-apa. 

Jika Anda merasa demikian, sebaiknya Anda renungkan lagi tujuan hidup Anda. Mungkin Anda harus merombak rencana, mencari pencapaian yang lebih besar, atau melakukan sesuatu yang berbeda. Atau mungkin Anda tidak tahu apa yang membuat Anda merasa tidak puas? 

Mungkin artikel ini bisa membantu. Dilansir dari Lifehack, inilah 7 alasan mengapa seseorang merasa tidak puas akan hidup. 

Terlalu Sering Membuang-buang Waktu

Apa sih yang dimaksud membuang-buang waktu? Membuang-buang waktu adalah ketika Anda melakukan sesuatu yang sebenarnya tidak perlu Anda lakukan atau ketika Anda menunda untuk mengerjakan hal yang seharusnya. Terlalu sering membuang-buang waktu dapat membuat Anda tidak puas terhadap diri Anda sendiri, karena Anda akan merasa apa yang Anda kerjakan tidak pernah selesai. Akhirnya Anda akan merasa lelah dan percuma dalam setiap effort yang Anda curahkan. 

Kurangnya Mengapresiasi Diri Sendiri

Faktor kurangnya ketidak puasan selanjutnya adalah karena kurangnya mengapresiasi diri sendiri. Ini berbeda dengan narsis, mengapresiasi diri sendiri berarti menerima kekurangan, berusaha memperbaiki dan menghargai segala usahanya.

Lakukan hal-hal yang membuatmu bahagia seperti workout atau me time. Kegiatan ini dapat mengalihkan perasaan stres dan menghibur sehingga pikiran menjadi rileks sejenak. 

Menekan Diri Sendiri

Tidak ada salahnya sesekali memecut diri sendiri untuk meningkatkan motivasi dalam mencapai impian, namun jangan sampai Anda salah kaprah dengan menekan diri sendiri.

Akan sangat fatal jika Anda terlalu menekan diri sendiri dan tidak mengapresiasi apa yang telah Anda capai. Sebab ini dapat membuat Anda merasa segala upaya yang telah Anda lakukan merupakan kesia-siaan sehingga berakhir pada rasa ketidakpuasan dalam hidup. 

Kurangnya Eksekusi

Pernahkah Anda merasa tiba-tiba memikirkan hal brilian lalu berkata pada diri sendiri untuk mengerjakannya nanti? Jika iya jangan salahkan keadaan ketika Anda merasa tidak puas.

Seringkali ide datang di saat yang tidak tepat. Namun tidak ada salahnya untuk mengumpulkan ide tersebut, mencatatnya sementara, lalu eksekusi.

Ketika Anda berkilah sebelum mengeksekusi ide brilian Anda maka jangan menyesal kelak kalau ternyata buah pikiran atau ide yang tidak Anda eksekusi itu sebenarnya bisa memberikan kepuasan bagi Anda dalam menjadi hidup. 

Tidak Adanya Tujuan Hidup

Apa yang Anda cari dalam hidup? Materi? Kekuasaan? Ilmu Pengetahuan? Pengakuan?

Bagaimana pun kita tidak bisa menyangkal bahwa hal-hal tersebut menjadi motivasi bagi kita untuk mencapai tujuan hidup.

Ketika Anda kehilangan tujuan hidup, maka tidak mengherankan jika Anda menjadi bingung apa yang harus dilakukan dan merasa tidak bahagia. Sebab Anda tidak tahu apa dan mengapa Anda harus melakukan itu semua. 

Merasa Jauh Dari Apa yang Diharapkan

Realita tidak seindah ekspektasi. Begitu yang orang-orang bilang, namun memilih jalan yang sangat jauh dari harapan akan membuat Anda terjebak pada perasaan tidak nyaman sepanjang waktu. Oleh karena itu Anda bisa mengakalinya dengan mengubah rencana Anda, entah Anda ingin memulai hal baru atau menerima apa yang Anda lakukan hari ini sebagai konsepsi kebahagiaan Anda yang baru. 

Tidak Adanya Hubungan Sosial

Manusia adalah makhluk sosial yang tidak bisa menyendiri sepanjang hidupnya. Ketidakadanya hubungan sosial dapat membuat manusia merasa kesepian. Dan saat kesepian seperti ini maka perasaan tidak puas akan rentan sekali terasa.

Tidak ada kata terlambat, Anda bisa mengubahnya dengan mulai membangun relasi personal baik dengan teman, partner bisnis, atau orang yang Anda kasihi. Sebab orang-orang disekitar Anda dapat membantu Anda untuk bertukar pikiran dan memikirkan solusi bersama.